Kamis, 30 April 2009

E_mail SMTP /POP dan Email_berbasis Web

Pengenalan Email

Secara garis besar, email dapat dibegakan menjadi dua, yaitu e-mail berbasis SMTP/POP dan e-mail berbasis webmail.

1. Email berbasis SMTP/POP

Email berbasis SMTP/POP adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP (Simple Mail transfer Protocol/Post Office Protocol), yaitu komputer server yang dapat mengirimkan email dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Terdapat beberapa Software mail client yang bisa dipilih pada Windows, di antaranya MS Outlook, MS Outlook Express, Pegasus, dan Netscape Communicator.

Pada server SMTP/POP, semua e-mail yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki account di server akan disimpan dalam sebuah direktori. Agar dapat menggunakan software mail client, pengguna harus melakukan setting atau pengaturan beberapa informasi, seperti nama (alamat IP) server SMTP/POP, nama user (user name/user ID), dan password ada server e-mail.



2. E-mail Berbasis Web

Email berbasis Web berbeda dengan e-mail berbasis POP. Pada e-mail berbasis Web, pengguna tidak perlu memiliki account POP pada server SMTP/POP karena akses e-mail dilakkan melalui Web dengan menggunakan salah satu program browser di Internet. Beberapa contoh Web Browser yang menyediakan layanan e-mail gratis di antaranya Yahoo (mail.yahoo.com), Google (gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dan Bluebottle) (www.bluebottle.com).

Saat ini, terdapat e-mail gratis (free e-mail), misal yahoo.com, hotmail.com, eudoramail.com, plaza.com, dan lain-lain. Selain itu, juga terdapat e-mail langganan melalui ISP (Internet Services Provider), misalnya indonet.com, wasantara.com, elganet.com, dan lain-lain.

Berikut ini perbedaan antara Web mail dan POP mail:

Perbedaan antara Web Mail dan POP Mail

Web Mail


POP Mail

Harus diakses melalui Web

Dapat dibaca secara on-line atau off-line

Dapat diakses di mana saja, baik di warnet, rumah, maupun kantor

Dapat digunakan secara gratis atau bayar

Memerlukan web browser

Kapasitas penyimpanan data terbatas sesuai dengan layanan dari web browser, misalnya plasa 10 MB, yahoo 6MB dan hotmail 2MB


Diakses menggunakan Outlook

Hanya dapat dibaca secara off-line

Hanya dapat diakses dari komputer tertentu

Harus mempunyai account

Tidak memerlukan web browser

Ruang penyimpanan relatif tidak terbatas.

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Home Interiors